Time Management?

Menurutku mahasiswa adalah makhluk yang dipenuhi dengan segudang kesibukan, apalagi mahasiswa yang masih tertarik ikut kegiatan sana sini. Selain tugas kampus atau kegiatan kampus, ada juga mahasiswa yang mempunyai kegiatan diluar kampus. Wow sibuk dan pasti hectic. Pernah tidak terfikiran hal-hal ini?

“Aku selalu merasa kehabisan waktu dan anda tidak dapat melakukan apa yang dijadwalkan”

“Aku selalu merasa bahwa aku tidak memiliki cukup waktu untuk diri sendiri”

“Aku merasa bahwa hidupku berat dan bekerja di lingkungan yang penuh tekanan tanpa hasil positif”

Jika iya, mungkin tips dibawah ini bisa membantu kamu untuk memanage waktu dengan maksimal, Check this out!


  1. Harus menguasai daftar hal-hal apa saja yang harus kamu lakukan (to do list)
    To-do lists yang baik dan efisien harus mencakup tugas-tugas dan kegiatanmu saat ini dan tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat. Supaya terlihat rapi dan tidak membingungkan.
  2. Cobalah membuat skala prioritas
    Kamu pasti memiliki banyak kegiatan dan pasti ada yang harus diprioritaskan terlebih dahulu kan? Nah mana yang harus didahulukan dan mana yang harus diakhirkan benar-benar harus diperhatikan. Jangan sampai salah pilih prioritas ya.
  3. Please, jangan takut/sungkan bilang “Tidak”
    Kamu harus belajar untuk sekali-sekali mengatakan tidak dan menolak tugas-tugas yang tidak dapat kamu lakukan. Jika kamu merasa kehabisan waktu dan  stres, maka lebih baik untuk menolak hal tersebur daripada akhirnya malah uring-uringan.
  4. Me time!
    Cobalah untuk meluangkan waktu beberapa hari dalam seminggu untuk benar-benar menyendiri dan menghindari kegiatan yang sekiranya membosankan dan membuat stres. Misalnya pergi ke salon, hangout dengan teman-teman atau sekedar membersihkan kamar. Asyiikk
  5.  Berusahalah selalu rencanakan waktu untuk kegiatan tak terduga dan masukkan dalam rencanamu waktu ekstra untuk tugas-tugas dan kegiatan tak terduga.

Sekian tips yang aku sampaikan. Semoga bermanfaat dan menjadi lebih efisien&efektif dalam memanage waktu! GOODLUCK, guys!

2 thoughts on “Time Management?

  1. adinda.pradnya

    sabi sabi thanks infonya waktuku sangat teratur dan terencana luv luv

  2. alvi.gista.n

    wah pas banget baca ini pas lagi bingung time management :”)

Leave a Reply

Your email address will not be published.