Do’s and Dont’s untuk kulit yang berjerawat

 

   Apa yang kamu lakukan dan rasakan saat ada jerawat di wajahmu? Marah, jengkel kurang percaya diri atau bahkan memencetnya? Ya mungkin begitulah rasanya jika ada jerawat  di wajah kita. Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang terjadi karena beberapa faktor. Jerawat timbul dari faktor aktivitas, stress dan konsumsi makanan yang dilakukan sehari-hari sehingga memicu munculnya jerawat yang dapat merusak penampilan wajah kamu. Tidak hanya merusak penampilan wajah, jerawat juga menghilangkan rasa percaya diri yang ada.

   Kini kamu tentu perlu menambah pengetahuan seputar perawatan kulit. Ya, jerawat pada wajah merupakan masalah yang umum bagi sebagian perempuan. Namun jika tidak ditangani sejak dini, hal ini dapat merusak kulit dan penampilan kamu, guys. Apalagi, wajah adalah bagian pertama tubuh yang langsung diperhatikan lawan bicara selama kita berinteraksi. Yuk, simak beberapa do’s and don’ts-nya berikut:


Do’s

  • Bersihkan wajah secara rutin

Untuk menghindari kotoran yang menumpuk di wajah caranya cukup membersihkan wajah 2 kali sehari. Hal ini dilakukan untuk mencegah pori-pori wajah tertutup karena kotoran seperti, sisa make up, debu dan juga polusi lainnya.

  • Memilih produk kecantikan dengan tepat dan sesuai jenis kulit

Kriteria produk kecantikan yang digunakan juga jadi poin penting yang tidak boleh lupa diperhatikan. Supaya kulitmu terhindar dari iritasi yang dapat membuat jerawat timbul bahkan semakin parah. Pilihlah pembersih wajah yang sesuai untuk wajah berjerawat, gunakanlah cleanser yang bebas alkohol agar jerawat kamu tidak iritasi, dan gunakan make up yang cocok untuk kulit yang berjerawat.

  • Banyak minum air putih

Air putih yang kamu minum tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan haus tapi air putih juga sangat berguna untuk membuang zat yang tidak berguna bagi tubuh salah satunya yaitu lemak, yang merupakan salah satu penyebab dari jerawat loh, guys!

  • Kompres wajah dengan es

Kamu bisa menggunakan es sebagai media untuk menyegarkan kulit wajah dan dalam mengatasi masalah jerawat. Caranya gosokan es batu pada bagian kulit wajahmu sehingga berbagai kotoran dan minyak yang menempel dan terjebak dalam pori-pori kulit dapat hilang.

  • Menggunakan masker madu atau masker mentimun

Nah salah satu cara merawat kulit yang sudah terlanjur timbul jerawat adalah dengan menggunakan masker madu dan ketimun bisa kamu buat sendiri loh, dengan cara memarut ketimun kemudian campurkan dengan madu. Setelah itu, oleskan pada wajah. Tunggu hingga kering dan bilas sampai bersih.

 

Dont’s

  • Hindari mencuci wajah terlalu sering

Mencuci wajah terlalu sering misalnya saat dilakukan lebih dari dua kali dalam sehari, justru bisa memicu kulit menjadi kering sehingga wajah terlihat kusam dan dapat memicu jerawat juga loh. Jadi, hindari kebiasaan ini supaya wajahmu tetap sehat, ya.

  • Hindari sering menyentuh atau mengusap wajah

Sebaiknya hindari sering menyentuh bagian wajah dengan tangan, karena bisa mengakibatkan kondisi kulit jadi kurang baik. Apabila tangan dalam kondisi tidak bersih, tangan bisa menyalurkan bakteri dan berbagai kuman pada bagian kulit wajah kamu.

  • Hindari mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi

Sebaiknya kamu menghindari makanan yang berlemak tinggi misal, kacang-kacangan, gorengan, jeroan dll. Mualilah untuk mengontrol asupan makanmu agar wajah terhindar dari jerawat yang membandel.

  • Mencoba banyak produk kecantikan sekaligus

Hati-hati, guys. Terlalu banyak menggunakan produk secara sekaligus bisa membuat kulitmu rentan iritasi, loh. Hindari terlalu banyak coba-coba dan hati-hati memilih produk ya.

  • Jangan memencet jerawat!

Jika jerawat sudah terlanjur timbul, janganlah sekali-kali memencet nya. Gemas sih memang. Tapi, hal ini bukanlah kebiasaan yang baik untuk mengatasi masalah kulit yang satu ini. Memencet jerawat hanya akan membuat peradangan pada kulit semakin parah, dan noda bekas luka yang ditinggalkannya makin susah dihilangkan.

 

Nah sekian dulu tips do’s and dont’s untuk kulit berjerawat. Semoga bermanfaat. GOODLUCK, guys.

inspried by : cleanandclear.co.id

6 thoughts on “Do’s and Dont’s untuk kulit yang berjerawat

  1. Nabila Shahnaz

    Aku juga sering bikin home made masker wajah. Biasanya aku bikin dari oat, madu, dan yogurt. Baru 2 kali atau 3 kali pake, jerawat di muka langsung pada kempes, kulit muka juga jadi halus.

  2. alvi.gista.n

    Thanks for the tips!

  3. Annisa Ria Gitanjali

    Ditunggu tips mengurangi komedo ya siss

  4. Ester Puji Astuti

    Jerawatku teratasi setelah baca tips ini. Thanks!

  5. Deby Kurnia P

    @ubil : Boleh bil ajarin bikin masker wajah dari oat dan yogurt:))
    @ria : Oke sista ditunggu tips selanjutnya hehe

  6. lusi.fitrianingrum

    wah makasih tips nya deboo 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.